Monday 10 August 2020

KETENANGAN HATI DI TENGAH PANDEMI

Krisis psikologis telah menjadi sebuah wabah dalam pandemi COVID-19 ini. Karena isolasi mandiri yang berkepanjangan, ketakutan menjadi sakit, kepedihan melihat anggota keluarga atau saudara yang sedang dirawat di ruang ICU, kekhawatiran bahkan kecemasan terhadap keterpurukan perekonomian global.

Berita-berita di media dan yang disebarkan melalui media seperti Whatsapp dan Facebook cenderung bersifat negatif. Media sosial yang cenderung berfokus pada berita-berita negatif meningkatkan kecemasan bagi penerima. Semoga media dapat memilih Constructive journalism atau solutional constructive reporting yang berfokus pada berita yang memberitakan solusi. Berita-berita yang berfokus pada perjuangan kemanusiaan dan nilai-nilai positif.

Solitusi dan keheningan merupakan solusi penting untuk mendapatkan ketenangan jiwa. Kiranya kita juga berkata “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku” (Mazmur 62:2). Kini kesempatan kita untuk belajar bersolitusi untuk memperoleh istirahat di dalam TUHAN (restedness).

Kekuatan Kelemahlembutan - Bilangan 12