Monday 10 August 2020

MERATAPLAH!

Apa yang membuat Anda menangis? Apakah Anda pernah menangisi kejahtan dan kekerasan hati manusia di muka bumi? Pernahkah Anda menangis penderitaan manusia dan makhluk ciptaan Allah?

Yesus menangis! (Yoh. 11:35). Yesus bagaikan raja Daud yang meratap untuk Saul dan Yonatan - “Daud menanyikan nyanyian RATAPAN ini karena Saul dan Yonatan anaknya” (2 Sam. 2:17). Daud mengarang sebuah nyanyian untuk meratapi Saul dan Yonatan. Padahal Saul mempunyai misi pribadi, yaitu melenyapkan Daud. Saul berungkali berusaha untuk menancapkan Daud ke dinding dengan tombaknya. Sepertinya Saul hanya mempunyai satu agenda utama dalam hidupnya, yaitu membunuh dirinya. Meskipun demikian, Daud meratapi Saul dan Yonatan, sahabat karibnya.

Yesus menangis (Yoh. 11:35) bukan karena kematian Lazarus, tetapi karena kesedihan Martha dan Maria. Yesus menangis juga karena kekerasan hati atau kebutaan rohani umat-Nya. Sebab setelah peristiwa kebangkitan Lazarus, para pemuka agama bermufakat untuk membunuh Dia (Yoh. 11:53). Dia menangis (Luk. 19:41) karena mereka tidak percaya kepada-Nya (Yoh. 11:37). Apakah Anda menangis bersama Kristus?

Kekuatan Kelemahlembutan - Bilangan 12