Monday 10 August 2020

GOD STILL LOVES US

Will Smith berperan sebagai seorang ahli virus, dokter militer bernama Robert Neville dalam film I am Legend (2007). Sebuah outbreak pandemi yang melumpuhkan dunia. Gedung-gedung ditinggalkan, jalanan menjadi sepi, mobil-mobil berserakan di jalan. Orang-orang yang terinfeksi virus sudah menjadi dark seeker alias zombie yang menyerang dengan agresif dan kemudian menginfeksi yang bersangkutan dengan virus yang menjadikan yang terinfeksi berubah menjadi dark seeker.

Saudara, situasi sulit berpotensi membuat kita tertekan, putus asa dan bahkan menyerah. Dalam keadaan sulit, Robert tetap berjuang. Dia juga menyediakan tempat tinggal untuk Anna dan Ethan yang baru dia kenal. Perkataan Robert kepada Anna di dalam laboratorium, "God didn't do this. We did” menunjukkan imannya yang tidak menyalahkan TUHAN atas kondisi sulit yang dia alami.

Perkataan Anna, “If we listen, we can hear God’s plan” mengingatkan kita tentang firman TUHAN yang berbunyi, “Dengarkanlah suara-Ku, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu berbahagia!” (Yeremia 7:23).

Dalam kekesalannya, anjing kesayangannya, Robert mengatakan, “All right, let me tell you about your "God's plan". Six billion people on Earth when the infection hit. KV had a 90 percent kill rate, that's five point four billion people dead. Crashed and bled out. Dead. Less than one-percent immunity. That left 12 million healthy people, like you, me, and Ethan. The other 588 million turned into your dark seekers, and then they got hungry and they killed and fed on everybody. Everybody! Every single person that you or I has ever known is dead! DEAD! THERE IS NO GOD! (Baiklah, biar saya beritahu kamu rancangan TUHAN…virus tersebut memiliki tingkat mematikan sebesar 90%..dunia ini kini hanya tertinggal lebih sedikit dari 12 juta penduduk, seperti engkau, aku dan Ethan…sisanya sudah menjadi zombie…Setiap orang yang kita kenal sudah meninggal dunia. Mati! Tidak ada TUHAN!)

Mengapa Robert tiba-tiba berubah? Sebenarnya, Robert tidak berubah, tetapi dia sedang mengungkapkan sakit hatinya yang mendalam karena kehilangan Sam, anjing kesayangannya. Namun Robert tidak tenggelam di dalam kesedihannya, melainkan dia tetap memberikan perlindungan buat Anna dan Ethan serta berjuang menyembuhkan para dark seekers.

Jika Saudara menonton dengan teliti, Saudara juga akan menemukan poster bertulisan, “God still loves us.” Seperti tertulis dalam firman TUHAN, “Karena walau Ia mendatangkan susah, Ia juga MENYAYANGI menurut kebesaran kasih setia-Nya” (Rat. 3:32). TUHAN tetap menyayangi kita, meskipun dalam situasi sulit.

Firman TUHAN mengatakan, “Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita SEKETIKA lamanya. Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin” (1 Pet. 5:10). Kiranya kita tetap kuat dan melayani kemanusiaan dalam situasi yang berat ini! God still loves us!

Kekuatan Kelemahlembutan - Bilangan 12