Tuesday 18 December 2012

Arbitrage (2012)



Nicholas Jarecki (lahir 25 Juni 1979), seorang mantan hacker yang kemudian tertarik untuk terjun di dalam dunia perfilman. Tahun ini (2012), Jarecki menghadirkan Arbitrage yang ditulis dan disutradari dirinya sendiri. Film ini mengisahkan tentang seorang konglomerat hebat bernama Robert Miller yang diperankan oleh Richard Gere.

Film ini dimulai dengan mengisahkan Robert Miller, seorang triliuner dengan pesawat pribadinya. Keluarganya sudah menanti-nantikan kepulangannya untuk merayakan hari ulang tahunnya. Hadiah untuk cucunya telah disiapkan oleh pembantunya di rumah dan menyerahkan kepadanya saat ia tergesa-gesa menuju ruang keluarga setelah tiba. Setelah makan malam, ia meninggalkan rumah dengan alasan membereskan urusan bisnis. Ia tidak diantar supir pribadinya melainkan ia memilih untuk naik taxi. Ternyata, pacar simpanannya sudah menunggu. Ia sangat stress karena harus memenuhi tanggungjawabnya untuk keluarga dan pacarnya.

Karena salah melangkah dalam bisnis, perusahaanya berada di ambang kebangkrutan. Ia pun menutupinya dengan tindakan yang illegal. Perbuatannya sendiri membahayakan reputasi putrinya yang menjabat sebagai kepala bagian audit. Tetapi demi mempertahankan reputasi baiknya ia menggunakan cara illegal. 

Suatu malam pacarnya menangis karena Miller tidak mau meninggalkan keluarganya maka ia berusaha menghibur dengan membawanya ke rumahnya yang berlokasi di dekat danau. Di tengah perjalanan, ia yang sudah sangat ngantuk mengalami kecelakaan dan pacarnya mati di tempat. Demi menjaga rahasia hubungan dengan pacarnya serta reputasi baiknya maka dia meninggalkan pacarnya di dalam mobil. Ia menelepon Jimmy Grant seorang yang pernah ia bantu. Karena merasa telah banyak berhutang budi maka Grant pun memberikan bantuan. Bryer, seorang polisi bekerja keras dengan berbagai cara memaksa Grant menceritakan kebenaran demi menjeroboskan Miller ke dalam penjara. Miller mengupah pengacara terhebat dan termahal untuk menolong Grant. Singkat cerita, karena tidak ada bukti yang cukup Miller bebas dari kasus tersebut. Miller juga menggunakan cara yang ekstrim untuk memberhasilkan merger perusahaannya. Di akhir film, Miller hadir di sebuah acara penghargaan. Semua orang berdiri bertepuk tangan menyambut kata sambutan Miller kecuali istrinya. Anaknya pun terlihat sangat bergumul saat ia harus memperkenalkan ayahnya. Dari cara pengungkapan jalan cerita dan syuting, tampak bahwa Nicholas Jarecki adalah seorang penulis, produser dan sutradara yang cerdas.


Kekuatan Kelemahlembutan - Bilangan 12